Berita

MoU Ketua TP PKK Dengan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan

Kamis, 5 Oktober 2017

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pakpak Bharat dengan  Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan melakukan Perjanjian Kerjasama (MoU) tentang Peningkatan Peran Kader PKK Desa Parduhapen kecamatn Kerajaan  dalam pelaksanaan program pemamfatan  pekarangan melalui gerakan  tanam Cabai ( GERTAM ). Penandatanganan MoU ini langsung dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kepala Dinas Pertanian dan  Ketahanan Pangan Dihadiri Bupati Pakpak Bharat DR. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA, Sekda Kabupaten Pakpak Bharat Sahat Banurea, S.Sos. M.Si, Wakil Ketua I TP PKK, Ny. Hj. Idahliani MI Padang, Kepala OPD dan Undangan Lainnya Kamis (05/10) di Ruang Rapat Sindeka.

Ketua TP-PKK Pakpak Bharat Ibu Dewi RY Berutu, S.Sos mengatakan, kerjasama ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan guna menghasilkan sumber daya yang sehat, aktif dan produktif diperlukan upaya peningkatan kesejahteraan keterjangkauan dan pemanfaatan yang beragam Ditambahkannya, program prioritas PKK berupa pemanfaatan pekarangan  merupakan salah satu program unggulan dalam mendukung ketahanan pangan dan ketahanan keluarga Program pemamfatan pekarangan merupakan jawaban kebutuhan akan sumber daya pangan yang semakin meningkat.Sehingga keberadaan lahan pekarangan, sebut dia,  dapat memberikan hasil positif apabila dimanfaatkan secara tepat dan optimal.Dalam kaitan itu, jelas dia, peran PKK merupakan salah satu kekuatan yang dipandang turut menyukseskan keberhasilan pembangunan pertanian.“Program kerjasama ini nantinya akan kita sosialisasikan keseluruh TP PKK Kecamatan,” terang Ibu Dewi.

Sementara, Kepala Dinas  Pertanian dan Ketahanan Pangan Sunardi, SP menambahkan, kerjasama dengan Ketua TP  PKK untuk pengembangan dan pemanfaatan  Kegiatan semua pekarangan rumah akan ditanami sayuran melalui Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya ) PKK untuk lahan agar bisa memproduksi pangan.Diharapkan kepada ibu ibu PKK bisa memberikan contoh kepada ibu ibu lainnya, untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami sayuran sayuran.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan adalah Gerakan Tanam Cabai minimal 10 batang/KK, Penanaman sayur sayuran di dalam pot dan melalui hidroponik dengan  jenis sayuran yang ditanam adalah kangkong, sawi, bayam, daun sop dan perbanyakan tauge dengan kecambah kacang hijau serta pendampingan beternak ikan lele.